Sesuaikan High Heels dengan Kaki Anda

memilih sepatu wanita hak tinggi

Sudah banyak artikel tentang tips memilih sepatu wanita hak tinggi ditayangkan di internet, tetapi untuk melakukannya memang diperlukan tips yang lebih bersifat khusus. Pasalnya, selain sepatu hak tinggi atau high heels mampu mendongkrak penampilan penggunanya secara optimal, juga memerlukan penyesuaian untuk memakainya karena resikonya amat besar. Sehingga bentuk kaki pengguna menjadi pertimbangan penting.

Meskipun banyak ahli medis yang menyarankan lebih baik menggunakan sepatu hak sedang atau hak rendah daripada sepatu hak tinggi, tetapi segala saran dan peringatan itu tak pernah menyurutkan niat wanita untuk membeli sepatu hak tinggi. Maklum, high heels memang memiliki pesona dan mampu meningkatkan penampilan seorang wanita, sehingga mereka pun berani mengambil resiko demi high heels.

Pengguna sepatu hak tinggi akan dihadapkan pada resiko pergelangan kaki terkilir, peristiwa ini bisa terjadi setiap saat ketika pengguna kurang berkonsentrasi sehingga kurang tepat menapakkan Top Heel di lantai yang licin. Sangat mungkin pengguna juga mengalami trauma psikologis jika peristiwa itu terjadi di muka publik dan menjadi perhatian serta bahan tertawaan.

Akibatnya, mungkin saat itu adalah terakhir kali high heels tersebut digunakan, selanjutnya akan dilempar ke gudang. Apakah para wanita yang Anda lihat begitu anggun dan nampak nyaman memakai sepatu hak tinggi tidak pernah terjatuh, atau sedikitnya nyaris terjatuh dalam pengalaman mereka selama mereka memakai sepatu berhak tinggi itu ?

Meskipun belum ada penelitian yang khusus dilakukan, bisa diprediksikan mereka pernah terjatuh atau hanya nyaris saja. Tentunya peristiwa itu dialami pada masa awal mereka menggunakan high heels. Keinginan untuk tampil lebih cantik dan mempesona menjadi motivasi utama para wanita beradaptasi dengan si tumit tinggi itu. Sampai akhirnya mereka menjadi terbiasa untuk menggunakannya.

Sepatu hak tinggi yang paling mengundang kekaguman adalah model Stiletto yang memiliki heels kecil dan runcing. Bukan hanya disainnya yang estetik, tapi juga kekaguman itu ditujukan kepada kepiawaian langkah-langkah pengguna Stiletto yang secara jujur harus diakui sulit dipakai itu. Sepatu jenis hak tinggi ini biasanya hanya dipakai untuk acara-acara tertentu, untuk acara pesta atau acara-acara resmi lainnya.

Jika pengguna high heels ini berjalan tertatih-tatih atau wajahnya menampakkan ketegangan karena memendam rasa sakit dan kekhawatiran akan terpeleset, tentu akan mengundang reaksi yang lain. Karena itu, mereka yang tampil di depan publik dengan memakai Stiletto adalah para wanita yang telah memiliki “jam terbang” cukup lama dengan Stiletto.

Gambaran tentang sepatu hak tinggi tersebut tak perlu menyurutkan niat untuk menggunakannya. Ada banyak tips untuk memilih sepatu wanita hak tinggi agar resiko yang tak diinginkan bisa diantisipasi. Wanita yang efisien tak harus belajar langsung dari pengalaman, jika bisa belajar dari pengalaman orang lain, tentunya akan lebih efektif untuk mencapai tahap mahir menggunakan sepatu Stiletto.

Pada umumnya setiap wanita sudah menggunakan sepatu yang memiliki hak meski tidak tinggi, misalnya kitten atau puppy dengan heel yang tebal dan kokoh, top heelnya pun cukup lebar. Mungkin saat memakai untuk pertama kalinya agak terasa canggung, tapi tidak memerlukan waktu lama untuk beradaptasi dengan puppy. Hal ini sebenarnya tidak berbeda dengan menggunakan sepatu hak tinggi. Jika Anda sudah terbiasa memakai sepatu hak sedang, maka tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyesuaikan diri dengan sepatu hak tinggi.

Kecuali model Wedges, meskipun dikategorikan sebagai high heels tetapi Wedges termasuk aman digunakan karena pada dasarnya tidak memiliki heels, melainkan platform sekaligus sole yang tebal identik dengan ukuran ketinggiannya. Itulah sebabnya Wedges menjadi sepatu favorit wanita, mereka memperoleh efek meninggikan tubuh tanpa harus menanggung resiko sebesar Stiletto.

Hal lain yang penting untuk dipertimbangkan sebelum menggunakan sepatu hak tinggi adalah berat badan Anda. Jika Anda tergolong wanita yang gemuk, sebaiknya ganti pilihan Anda dengan sepatu hak sedang. Sepatu hak sedang juga memiliki beragam model, dengan pilihan yang cermat akan mampu mendukung penampilan Anda menjadi lebih prima. Sementara pilihan sepatu hak tinggi, apalagi model Stiletto, selain tidak sesuai juga sangat beresiko bagi heels untuk menahan beban yang terlalu berat. Akibatnya, pengguna sulit untuk memperoleh keseimbangan.

Tetapi jika keinginan untuk memakai high heels sudah tak bisa dikompromikan, disarankan lebih baik memilih high heels model platform, biasanya heels yang digunakan juga didisain untuk memperoleh keseimbangan secara optimal. Bagi wanita yang bertubuh tambun, high heels model patform ini harus dikombinasikan secara harmonis dengan model gaun yang dipakai dan asesories lainnya.

Meskipun ditawarkan dengan harga murah, jangan tergoda untuk memilih dan membeli high heels yang mengesankan sangat glamour ketika dipakai oleh wanita lain, karena belum tentu akan menimbulkan efek yang sama jika Anda gunakan. Meskipun sepatu hak tinggi memberi efek yang luar biasa pada penampilan seorang wanita, tetapi penampilan itu sesungguhnya adalah kesatuan dari seluruh elemen. Dalam dunia fashion, tidak ada gaun, sepatu atau asesories yang berdiri sendiri, penampilan seseorang ditentukan oleh bagaimana kemampuan estetis dalam menyusun seluruh elemen menjadi sebuah komposisi yang impresif.

Memakai sepatu hak tinggi sangat berbeda dengan memakai sepatu flat atau hak datar. Jika memakai sepatu flat yang ringan dan pas di kaki, efek optimal yang dirasakan pengguna adalah seolah sedang tidak memakai sepatu. Bisa dengan bebas bergerak, melompat-lompat, melakukan gerakan Kung Fu seperti Bruce Lee atau Jet Lee, bahkan memanjat pohon tanpa merasa kesulitan.

Sebaliknya, sepatu hak tinggi memerlukan langkah yang selalu diperhitungkan dan konsentrasi dari penggunanya. Imbalannya adalah penampilan yang anggun, glamour dan kesan keindahan kaki penggunanya. Sepatu hak tinggi juga membuat kaki penggunanya cepat capai karena ujung kaki berada dalam posisi paling bawah, maka beban seluruh tubuh tertumpu pada bagian tersebut.

Sesuaikan sepatu high heels dengan kaki Anda, bukan sebaliknya

Tips ini lebih bertujuan untuk memilih sepatu hak tinggi yang secara teknis diharapkan bisa memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Sehingga rasa nyaman itu akan memudahkan konsentrasi sewaktu menggunakannya. Tips ini menyarankan perlunya dipertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan kepada sepasang sepatu Stiletto high heels model klasik dengan ujung runcing yang ingin Anda beli.

Rahasianya adalah perhatikan bentuk kaki Anda, apakah sesuai dengan bentuk high heels yang Anda inginkan atau tidak ?

Tips Sepatu Wanita Hak Tinggi

Pada umumnya ketidaksesuaian antara sepatu dengan bentuk kaki terletak pada ujung sepatu, tepatnya kompisisi antara Vamp di bagian depan dengan Toe Box. Dari sisi disain, ujung sepatu yang runcing memang nampak lebih artistik, terkesan ramping, sehingga banyak wanita yang tertarik dengan disain tersebut. Tetapi masalahnya, tidak semua wanita memiliki bentuk kaki yang sesuai dengan disain Stiletto yang diinginkannya itu.

Berdasarkan pengalaman, setiap menggunakan sepatu baru yang tidak benar-benar pas akan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika berjalan,  memar di bagian kaki pada bagian sepatu yang sempit bahkan lecet. Apalagi jika menggunakan sepatu hak tinggi dengan beban seluruh berat badan dipindahkan ke ujung kaki, ketidaknyamanan akibat ukuran yang tidak pas itu akan menjadi berlipat ganda.

Jika kebetulan Anda memiliki kaki type Egypytian yang runcing, atau setidaknya type Greek yang bisa dikompromikan dengan Stiletto, maka Anda cukup beruntung. Karena bisa langsung memakai Stiletto pilihan Anda. Tetapi bagaimana jika kaki Anda tidak bertipe demikian, sementara keinginan untuk menggunakan high heels itu sudah tak tertahankan ?

Hampir semua tips tentang sepatu wanita akan menyarankan untuk mengalihkan pilihan Anda ke high heels yang lain. Misalnya, model pumps atau platform yang kebanyakan ujungnya berbentuk bulat. Dengan bentuk ini seluruh ujung kaki bisa lebih “bernafas” lega. High heels pun bisa dipakai dengan nyaman, tetapi Anda pasti tetap merasa kurang puas, karena harus “kehilangan” Stiletto klassik yang sebenarnya menjadi incaran Anda.

Solusi yang kreatif adalah “membalik” mindset Anda yang mungkin selama ini tidak Anda sadari bahwa sebagai konsumen Anda telah membiarkan diri “didikte” oleh produsen. Pasar sepatu wanita pada dasarnya tidak berbeda dengan pasar produk-produk kreatif lainnya, trend produk cenderung diciptakan oleh produsen. Sebagai konsumen Anda secara tak sadar terpaksa harus mengikuti kehendak produsen.

Jika Anda masih ingin memakai Stiletto idaman Anda, pesanlah secara khusus kepada perajin sepatu yang bisa Anda temui di sentra-sentra kerajinan sepatu. Mereka cukup piawai untuk membuatkan Stiletto sesuai dengan bentuk kaki Anda. Sekaligus kembangkan kreativitas Anda dengan membuat atau menambahkan disain Anda sendiri, sehingga menjadi Stiletto dengan disain yang tidak ada duanya di dunia.

Apa yang Anda peroleh kemudian ? Bukan hanya Stiletto klassik yang sangat unik karena dibuat secara khusus sehingga Anda merasa nyaman memakainya untuk tampil secara optimal, tetapi Anda juga akan merasakan kepuasan yang tidak diperoleh konsumen lain. Masih ada bonus lagi, yakni kepekaan fashion Anda akan bertambah yang pada ujungnya secara keseluruhan juga akan membuat penampilan Anda semakin prima. (Sumber: Tips Sepatu Wanita com)

Tags: sesuaikan-sepatu-high-heels



Artikel terkait :
Sepatu Wanita Hak Rendah, Stylish dan Tanpa Korban
Model Cone Mendominasi Sepatu High Heels

0 komentar:

Poskan Komentar